Kesiapan Koperasi dan UMKM Hadapi MEA 2015

Kurang lebih 100 orang undangan mengikuti dialog antara Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur bersama stakeholders pendukung, isu koperasi bukan satu-satunya yang mengemuka, kemampuan dan daya saing UMKM dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015 juga turut diperbincangkan.

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 membawa suatu peluang sekaligus tantangan bagi ekonomi Indonesia.Dengan diberlakukannya MEA pada akhir 2015, negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing negara.

Terkait dengan peningkatan kemampuan dan daya saing, koperasi dan UMKM Jatim harus berpacu dalam beberapa hal. Diantaranya menyangkut peningkatan SDM yang kompeten/human capital, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan efisiensi dan kemitraan usaha.

Sementara pemerintah untuk memfasilitiasi mempermudah perijinan, fasilitasi akses bahan baku, teknologi dan informasi, bantuan teknis berupa pelatihan, pendam-pingan, advokasi, serta fasilitasi permodalan, Ketua Dekopinwil Jatim, Mardjito, mengungkapkan, menghadapi MEA 2015 mendatang koperasi harus memperkuat ideologi koperasi kepada anggota. Tak kalah penting dari itu adalah mempersatukan visi dan misi koperasi.

0 komentar:

Posting Komentar